Pernah nonton film CHIPS ? Baik yang versi asli yang dibintangi Eric Estrada maupun film CHIPS (Cara Hebat Ikut Penanggulangan masalah Sosial ) versi Warkop DKI, di ke dua film tersebut ada beberapa kesamaan salah satunya adalah motor KZ200. Motor jenis cruiser ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kawasaki Binter Merzy.
Sekilas tentang Binter
Di Indonesia, Binter adalah merek lokal dari sepeda motor Kawasaki di Indonesia. Nama Binter adalah singkatan dari "Bintang Terang", yaitu nama perusahaan distributor sepeda motor ini. Merek ini terakhir digunakan pada tahun 1983 ketika Kawasaki di Indonesia menutup usahanya. Sepeda motor Kawasaki di kemudian hari membuka kembali usahanya di Indonesia tetapi tidak lagi menggunakan merek "Binter"
Binter Merzy / KZ200 adalah sepeda motor kelas menengah dengan mesin 200 cc silinder tunggal. Motor ini adalah sepeda motor produksi massal resmi terbesar kapasitas mesinnya di Indonesia sampai pada saat Suzuki Thunder 250cc diluncurkan di Indonesia.
Pada tahun 1983, sepeda motor ini mengadopsi sistem CDI sampai produksinya dihentikan pada tahun 1984. Awal produksi spesifikasi ini disebut Merzy CDI.
Pada tahun 1984, Selama masa produksi terdapat 1 kali perubahan model ditahun akhir dari model pendahulunya menjadi lebih sporty atau yang biasa disebut merzy new tank atau Merzy Cobra.
Pada Waktu tersebut Kawasaki Motor pernah direncanakan akan meluncurkan model baru dengan peningkatan kapasitas mesin 250 cc. Namun, karena di Indonesia peraturan pemerintah pada waktu itu menolak hal tersebut Karena Peraturan di Indonesia pada waktu itu membatasi kapasitas maksimum mesin 200 cc motor untuk umum.
Motor ini telah menjadi favorit untuk dimodifikasi menjadi bentuk motor chopper ala Harley Davidson a.k.a. PPH (Pura-Pura Harley), dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya.
Sekilas tentang Binter
Di Indonesia, Binter adalah merek lokal dari sepeda motor Kawasaki di Indonesia. Nama Binter adalah singkatan dari "Bintang Terang", yaitu nama perusahaan distributor sepeda motor ini. Merek ini terakhir digunakan pada tahun 1983 ketika Kawasaki di Indonesia menutup usahanya. Sepeda motor Kawasaki di kemudian hari membuka kembali usahanya di Indonesia tetapi tidak lagi menggunakan merek "Binter"
Binter Merzy / KZ200 adalah sepeda motor kelas menengah dengan mesin 200 cc silinder tunggal. Motor ini adalah sepeda motor produksi massal resmi terbesar kapasitas mesinnya di Indonesia sampai pada saat Suzuki Thunder 250cc diluncurkan di Indonesia.
Pada tahun 1983, sepeda motor ini mengadopsi sistem CDI sampai produksinya dihentikan pada tahun 1984. Awal produksi spesifikasi ini disebut Merzy CDI.
Pada tahun 1984, Selama masa produksi terdapat 1 kali perubahan model ditahun akhir dari model pendahulunya menjadi lebih sporty atau yang biasa disebut merzy new tank atau Merzy Cobra.
Pada Waktu tersebut Kawasaki Motor pernah direncanakan akan meluncurkan model baru dengan peningkatan kapasitas mesin 250 cc. Namun, karena di Indonesia peraturan pemerintah pada waktu itu menolak hal tersebut Karena Peraturan di Indonesia pada waktu itu membatasi kapasitas maksimum mesin 200 cc motor untuk umum.
Motor ini telah menjadi favorit untuk dimodifikasi menjadi bentuk motor chopper ala Harley Davidson a.k.a. PPH (Pura-Pura Harley), dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya.
Spesifikasi
Adapun spesifikasi dari KZ-200, diluar pengapiannya ada yang menggunakan platina maupun CDI, adalah sebagai berikut: mesin menggunakan teknologi 4 langkah berkubikasi 198cc SOHC berpendingin udara, Bore x Stroke adalah 66 x 58mm, Rasio kompresi 9.0:1, Torsi 16.8nm pada 7.000rpm, Berkarburasi Keihin 26-PW, Bertransmisi 5 percepatan, menggunakan roda depan berdiameter 18″-275 berpenghenti laju disk brake, sedangkan belakang 17″-350 berpenghenti laju tromol, dan total berat keseluruhan motor ini adalah 136kg. Kecepatan maksimal yang bisa diraihnya adalaha 140kph dengan kondisi standar pabrikan.
Tips Untuk Binter Merzy Anda
Beberapa langkah yang berguna dalam merawat/memperbaiki BINTER anda adalah sebagai berikut :
- Periksalah tanki motor anda motor Binter anda umurnya cukup lama, atau boleh dibilang usia motor dibandingkan dengan motor-motor lain usianya pada seumur jagung / kalah tua dibanding Binter. Untuk menjaga kebersihan bahan bakar yag masuk ke dalam carburator harus terjamin kebersihannya dari kotoran yang mungkin timbul dari dalam tanki anda. Apabila carburator sering ngadat indikasinya adalah mungkin bahan bakar yang masuk kotor, caranya :
- Buka jok motor. Buka selang yang menghubungkan carburator ke tanki
- Buka tanki sliding/geser kedepan
- Tampung bensin yang ada di jirigen atau diwadah apapun
- Kocok-kocok tanki dan buang kotorannya,boleh juga ditiup pake angin tapi hati-hati angin dari kompresornya jangan ada airnya.pake nitrogen baik juga, yakinkan sampai bersih.
- Hati-hati dalam membongkar dan memasang kran bensin, jangan sampai jadi penyebab bocor
- Memeriksa baterai : Cek terminal baterai dan bersihkan bila anda melihat karbon dengan terminal. jangan sampai berkarat, pastikan air akki/baterai terisi penuh dan mengganti baterai jika mati atau tidak berfungsi.
- Memeriksa rantai chain harus dalam kondisi baik. Anda harus memeriksa rantai sebagai berikut : Cek ketegangan dalam rantai, rantai tidak boleh terlalu longgar atau terlalu ketat, periksa apakah ketegangannya sudah tepat. Check Gap/Play ke kiri, kanan, atas dan bawah. Kondisi roda gigi depan/belakang jangan sampai kondisinya lancip, gigi harus halus dan tidak boleh ada gompal. Jika ada maka anda perlu membeli sprockets baru. Sebelum lubricating rantai, pastikan anda telah membersihkan semua kotoran. setelah itu berikan pelumas yang baik khusus untuk rantai.
- Pastikan rem bekerja dengan bagus, periksa minyak rem untuk rem depan, periksa indikasi rem belakang, kanvas rem apakah masih tebal atau sudah tipis sehingga perlu diganti.
- Periksa oli mesin apakah masih sesuai marking atau perlu ditambah atau memang sudah saatnya diganti. Selalu ingat jadwal penggantian, sudah berapa km sejak penggantian oli terakhir.
- Periksa tekanan angin pada ban motor anda.
Berikut tips supaya mesin Binter Merzy tidak cepat panas
Karena pada dasarnya oli seperti darah pada manusia,maka perlu perawatan pada part part yang berhubungan dengan oli.
mesin panas disebabkan karena oli kurang ke mesin hingga mengakibatkan mesin jadi panas dan jadi gak bisa jalan tuh motor.
solusinya pada saringan oli saringan oli pada binter merzy kan ada 2 yang atas yang ada kertasnya itu dan yang bawah yang berupa kasa besi sebesar ibu jari
saringan yang atas bersihkan saja secara rutin dan jangan pernah membuang kertasnya bisa rusak nanti gan mesinnya karena kemasukan kotoran .
yang bawah yang berbentuk kasa itu panjangin aja kasanya hingga mentok beli kasa dari besi yang biasanya digunakan untuk sablon pasang tuh di saringan yang dibawah dijamin mesin gak bakalan panas lagi
solusinya pada saringan oli saringan oli pada binter merzy kan ada 2 yang atas yang ada kertasnya itu dan yang bawah yang berupa kasa besi sebesar ibu jari
saringan yang atas bersihkan saja secara rutin dan jangan pernah membuang kertasnya bisa rusak nanti gan mesinnya karena kemasukan kotoran .
yang bawah yang berbentuk kasa itu panjangin aja kasanya hingga mentok beli kasa dari besi yang biasanya digunakan untuk sablon pasang tuh di saringan yang dibawah dijamin mesin gak bakalan panas lagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar